Koneksi Antar Materi Modul 1.2 tentang Filosofis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara > Nilai dan Peran Guru Penggerak.
Dalam tugas ini saya akan ber narasi dan mendeskripsikan tentang 4 hal yang saya alami dari awal mempelajari Filosofis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara sampai Nilai dan Peran Guru Penggerak. 4 Hal tersebut adalah.
1. Peristiwa
2. Perasaan
3. Pembelajaran
4. Penerapan Rencana ke Depan
1. Peristiwa
Sedangkan Momen yang paling penting atau menantang atau mencerahkan bagi saya dalam proses pembelajaran Modul 1.2 adalah guru tidak hanya mengajar saja, namun guru harus memiliki 5 peran penting, diantaranya guru sebagai pemimpin pembelajaran, guru sebagai coach bagi guru lainnya, pendorong kolaborasi, mwujudkan kepemimpinan dan penggerak komunitas praktisi. Teori ini harus diwujudkan dalam aksi nyata sebagai guru di sekolah.
Keterkaitan antara modul 1.1 dan modul 1,2 adalah seorang guru sangat penting memahami konsep dasar pendidikna Ki Hadjar Dewantara demi terwujudnya Peran Guru Penggerak dengan Baik dan Maksimal dan Mewujudkan tujuan pendidikan sebagai tempat persemaian benih - benih kebudayaan di masyarakat maka guru harus memiliki nilai-nilai penting, diantaranya Berpihak pada murid, Reflektif, Mandiri, Kolaboratif dan Inovatif.
2. Perasaan
Saat momen itu terjadi saya merasa seperti tengah malam yang disinari oleh terangnya cahaya Bulan 14, Momen ini membuat saya optimis menjadi seorang guru penggerak, maka tidak ada rintangan menjadi guru, adanya adalah tantangan. Perasaan saya sebelum mempelajari modul 1.1 dan modul 1.2 ini bahwa saya belum merasa menjadi guru yang seutuhnya,tetapi setelah saya mempelajari modul 1.1 dan modul 1.2 ini saya merasa optimis menjadi seorang guru, bagaimana seorang guru menjadi pendidik, meningkatkan lingkaran pengaruh bukan hanya lingkaran perduli.
3. Pembelajaran
Sebelum momen tersebut terjadi saya berpikir bahwa saya adalah sumber belajar satu-satunya yang dimiliki murid, Sedangkan sekarang saya merasa bahwa saya bukan sumber belajar satu-satunya, mereka terlahir memiliki qodratnya, dengan potensi yang berbeda-beda, tugas sayaadalah mempertebal potensi positif mereka sehingga mereka menjadi manusia yang seutuhnya yang berbudi dan berakhlak mulia.
4. Penerapan dan Rencana Kedepan
Pengembangan yang saya lakukan sekarang adalah lebih mereflektif ke dalam diri bahwa selama ini mengajar di sekolah penuh dengan ketidak tahuan, menganggap bahwa murid tidak bisa apa-apa melainkan saya. Kemudian hasil dari freflektif itu saya jadikan sebagai pengembangan diri yang nyata, diantaranya:
4. Melanjutkan kegiatan yang sudah terprogram sebelumnya