Jurnal Refleksi Dwimingguan Modul 1.2

Azmi
0

 

=>> KLIK Jurnal Refleksi Dwimingguan Modul 1.2


Nama                           : Aan Amirudin
CGP Angkatan             : 10 / 71
Unit Tugas                    : SMKN 6 Kota Tangerang Selatan
Pengajar Praktik            : Estikajati
Fasilitator                      : Rossa Vini Anngalia
Tema                            : Niali dan Peran Guru Penggerak
Model Jurnal                 : 4 F (Fact, Feeling, Fidnding, Future)

1.   Fact / Peristiwa

Peristiwa yang saya alami ketika berselancar di Modul 1.2 adalah mempelajari berbagai hal baru yang belum pernah saya pelajari sebelumnya, pelajaran itu adalah membuat trapesium usia, menyatakan nilai dan peran guru penggerak menurut diri senidiri, mempelajari manusia tergerak yaitu kerja otak, 5 kebutuhan dasar manusia dan tahap tumbuh kembang anak.

No

Sub Bagian

Peristiwa

1

Mulai dari diri sendiri 

·       Membuat Trapesium usia

·       Nilai dan peran guru penggerak menurut diri sendiri

·       Manusia tergerak

·       5 kebutuhan dasar manusia

2

Eksplorasi Konsep 

 

·       Manusia tergerak

·       5 kebutuhan dasar manusia

·       Tahap tumbuh kembang anak

·       Motivasi intrinsic menuju Profil pelajar pancasila

·       Nilai guru penggerak

·       Bagaimana menggerakan manusia

·       Lingkaran perduli dan lingkaran pengaruh agar berfikir strategid

·       Diagram identitas gunung es

·       Peran guru penggerak

·       4 kompetensi pemimpin di sekolah

3

Ruang Kolaborasi 

·       Membuat, mendiskusikan dan mempresentasikan tentang guru hebat yang bisa mamanusiakan manusia

·       Menanggapi kelompok lainnya dalam presentasi

4

Demonstrasi Kontekstual

·       Membuat tugas tentang nilai dan peran guru penggerak

5

Elaborasi Pemahaman

·       Berdialog dengan Instruktur tentang modul yanag dipelajari

·       Bertanya tentang hal yang belum dipahami

6

Koneksi Antar Materi

·       Mengaitkan antara modul 1.2 dengan Modul 1.1 yaitu tentang Nilai dan Peran Guru Penggerak dengan Filosofi Pendidikan Kihadjar Dewantara

7

Aksi Nyata

·       Pelaksanaan 4 P dalam koneksi Antar Materi

2.   Feeling (Perasaan)

·       Saya sangat bahagia karena mendapat pengetahuan baru

·       Saya merasa belum memiliki apa-apa ketika mendapatkan pengetahuan ini

·       Saya semakin termotivasi untuk menerapkan nilai-nilai guru penggerak dalam keseharian saya sebagai guru

·       Saya Merasa akan berusaha keras untuk bisa mengaplikasikan lingkarana pengaruh menuju berfikir strategis, saya juga termotivasi untuk melaksanakan teori identitas gunung Es.

·       Saya sangat senang ketika ruang kolaborasi karena sangat menginspirasi saya sebagai guru untuk menjadi lebih baik lagi.

 

3.   Finding (Pembelajaran)

·       Mempelajari manusia tergerak dan pemenuhan 5 kebutuhan dasar Manusia

·       Mempelajari bagaimana agar diri saya memiliki lingkaran pengaruh yang kuat selain lingkaran perduli

·       Mempelajari arti daripada identitas gunung Es dan Mempelajari manusia merdeka

·       Manusia yang merdeka harus sesuai dengan profil pelajar pancasila

·       Mempelajari 5 nilai guru penggerak yaitu Berpihak pada murid, reflektif, madiri, kolaboratif dan inovatif

·       Mempelajari 5 peran guru penggerak yaitu Menjadi pemimpin pembelajaran, Menjadi coach bagi guru lain, Mendorong kolaborasi, Mewujudkan kepepimmpinan murid, dan Menggerakan komunitas praktisi.

 

4.   Future (Penerapan)

·       Mengaktifkan pembelajaran dalam kelas

·       Menjadikan murid sebagai Center Study

·       Mengamba kepada murid

·       Melakukan refleksi dalam setiap pembelajaran

·       Meminta pendapat rekana sejawat

·       Melakukan tindak lanjut hasil refleksi

·       Berinovasi dalam pembelajaran dalam rangka membantu pemahaman murid

·       Melakukan inovasi dalam memilih model dan metode pembelajaran

·       Berkelanjutan dalam melaksanakan praktik Baik.





Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)