JURNAL REFLEKSI DWIMINGGUAN MODUL 3.3

Azmi
0

 


JURNAL REFLEKSI DWIMINGGUAN MODUL 3.3

PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK POSITIF PADA MURID

Nama CGP

:

Aan Amirudin

Angkatan / Kelas

:

10 / 71

Unit Tugas

:

SMKN 6 Kota Tangerang Selatan

Pengajar Praktik

:

Estikajati

Fasilitator

:

Rossa Vini Anggalia

Model

:

Artikel 4 F

Fact (Peristiwa)

Ini merupakan modul terakhir dalam pendidkan Guru Penggerak, dimana dalam modul ini tersaji materi yang sangat menarik yaitu tentang penysunan suatu program yang berdampak positif untuk murid, Muali dari diri, eksplorasi konsep, pembagian tim, ruang kolaborasi diskusi kelompok, ruang kolaborasi presentasi, ruang kolaborasi elaborasi pemahaman, demonstrasi kontekstual dan aksi nyata. Demonstrasi kontekstual yang merupakan suatu rencana sudah saya buat dan selesai, sedangkan aksi nyata merupakan suatu kegiatan yang harus real di lapangan. Dengan mempelajari materi modul 3.3 ini saya merasa bangga dan siap untuk membuat program prakarsa perubahan melalui alur BAGJA.

Feelings (Perasaan)

Setelah mempelajari modul 3.3 ini saya merasa senang dan bahagia, dalam pemikiran saya adalah “jika saya tidak mengikuti pendidikan guru penggerak maka saya tidak akan dapat ilmu ini” artinya ini adalah hal yang sangat berharga bagi saya, saya bisa menyimak program dari rekan kolaborasi yang dapat saya modifikasi menjadi program yang dapat saya impelementasikan di sekolah saya.

Findings (Pembelajaran)

Pembelajaran yang dapat saya ambil dari Modul 3.3 ini mengenai Program yang berdampak positif pada murid dan itu harus tercipta sebagai pembuktian pendidikan CGP di mata Sekolah, membuat program dengan berpatokan pada  pola fikir basis kekuatan maka saya akan mampu menerapkannya di Sekolah dengan nama Program Syarhil Qur’an. Dalam kesempatan ini juga saya akan menuangkan hal yang menarik lainnya dari modul-modul sebelumnya seperti Pembelajaran berdiferensiasi, 5 KSE, dan Pemimpin Pengelolaan Sumber Daya, semua materi yang sudah dipelajari adalah pembelajaran yang sangat berharga yang belum tentu orang lain dapat menerimanya.

Future (Penerapan)

Saya Aan Amirudin bertugas di SMKN 6 Kota Tangerang Selatan :

Penerapan yang sudah saya lakukan adalah

Hal yang harus diperbaiki dalam diri Saya sekarang adalah

1.      Siap menyambut murid di depan gerbang

2.      Selalu masuk kelas tepat waktu

3.      Pembelajaran berpihak pada murid

4. Menyelesaikan permasalah murid dengan restitusi

5. Siap untuk menjadi Coach maupun jadi Coachee

6. Dalam menghadapi masalah selalu mengedepankan 5 KSE

7.   Selalu berfikir basis kekuatan, tidak lagi berfikir basis kekurangan

8. Siap mengambil keputusan yang dapat dipertanggung jawabkan

9.      Lebih dekat dengan murid

10.   Selalu berkolaborasi

        Administrasi

       Media pembelajaran

        Literasi



Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)