JURNAL
REFLEKSI DWIMINGGUAN MODUL 3.2
Pemimpin
dalam Pengelolaan Sumber Daya
Nama CGP |
: |
Aan Amirudin |
Angkatan / Kelas |
: |
10 / 71 |
Unit Tugas |
: |
SMKN 6 Kota Tangerang Selatan |
Pengajar Praktik |
: |
Estikajati |
Fasilitator |
: |
Rossa Vini Anggalia |
Model |
: |
Artikel 4 C |
Connection |
: |
Kaitan
Materi Dengan Peran Sebagai CGP |
Challenge |
: |
Ide
Narasumber Yang Berbeda Dengan Praktik Yang Selama Ini Dijalankan |
Concept |
: |
Konsep
Penting Yang Dipelajari |
Change |
: |
Perubahan Yang
Akan Dilakukan Setelah Menerima Materi Ini |
Model |
Arti |
Pemahaman |
Connection |
Kaitan
Materi |
Modul 3.2 membahas tentang Pemimpin
dalam Pengelolaan Sumber Daya, Aset pendidikan dalam satuan pendidikan
terdapat 7 aset. Pemahaman yang diajarkan oleh Modul 3.2 ini merubah pola
fikir saya dalam mengelola aset di sekitar saya, sebagai CGP Saya harus dapat
berfikir basis kekuatan, bukan berfikir basis kekurangan. 7 aset di satuan
pendidikan adalah modal utama untuk mendukung dan mengembangkan kualitas
pendidikan. |
Challenge |
Ide dan
Perbedaan |
Ketika mendapatkan banyak pemahaman baik
dari Modul 3.2, Fasilitator, Instruktur dan Ruang Kolaborasi, Sebelunya saya
selalu berfikir basis kekurangan dan setelah mempelajari modul ini saya berfikir
basis kekuatan dengan 7 aset tersebut. Sebelum mempelajari modul ini saya
selalu berfikir bahwa satuan pendidikan tempat saya bertugas ber aset minim,
setelah mempelajari modul ini saya berfikir aset di sekitar saya banyak yang
dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. |
Concept |
Konsep
Penting |
Konsep yang saya dapat dari Modul
3.2 ini adalah Bahwa sekolah merupakan Ekosistem yang terdiri dari Unsur Biotik dan Abiotik,
Biotik diantaranya SDM yang ada, sedangkan Abiotik adalah sarana dan
Prasarana. Jika kita mau untuk berfikir basis kekuatan maka terdapat 7 Aset
di sekolah yaitu Manusia, fisik, sosial, finansial, lingkungan, agama dan
kebudayaan, serta politik. |
Change |
Rencana Perubahan |
Setelah mempelajari modul 3.2
Rencana perubahan yang akan saya lakukan adalah melakukan diskusi dengan
pimpinan mengenai pemetaan aset Sekolah, berdiskusi dengan rekan sejawat mengenai
7 aset dan mencari aset mana saja yang bersifat dominan guna untuk
meningkatkan kualitas pendidikan di Sekolah tempat saya bertugas. |