Implementasi Rencana Pembelajaran Berdiferensiasi
1. Penilaian awal untuk memahami
kebutuhan setiap siswa.
·
Menyusun
rencana pembelajaran
·
Monitoring
dan penilaian selama pembelajaran
·
Refleksi
dan umpan balik
2. Meninjau Tujuan Pembelajaran
·
Peserta
didik dapat memahami Pengertian Zina dan Pergaulan bebas
·
Peserta
didik dapat menganalisis Q.S. Al-Isra Ayat 32, Q.S.
An-Nur Ayat 2
·
Peserta didik dapat memahami hadis tentang larangan pergaulan bebas dan zina.
·
Peserta
didik dapat membaca dengan tartil Q.S. Al-Isra ayat
32, Q.S. An-Nur ayat 2
·
Peserta
didik dapat menjelaskan mengenai bahaya pergaulan bebas dan perbuatan zina.
·
Peserta
didik dapat menerapkan pesan Al-Qur’an untuk menjauhi pergaulan bebas dan
perbuatan zina yang merupakan larangan agama.
3. Analisis Kebutuhan Belajar Siswa
·
Tes
Diagnostik / Melakukan tes awal
·
Observasi:
Mengamati perilaku dan kinerja siswa
·
Wawancara
dan Kuesioner: Menggunakan wawancara atau kuesioner
4.
Kesiapan Belajar Siswa
·
Menentukan
kesiapan belajar Siswa terkait dengan tujuan pembelajaran:
·
Pengetahuan
Awal: Apakah Siswa sudah memahami tentang zina?
·
Keterampilan
yang Dimiliki: Apakah Siswa sudah dapat menceritakan apa itu zina dan pembagiannya?
·
Sikap:
Apakah Siswa menunjukkan sikap menghindari perbuatan zina?
5.
Rencana Pembelajaran dan Diferensiasi
Menyusun
RPP / Modul Ajar dan Melaksanakan Pembelajaran Sesuai dengan RPP