AKSI NYATA MODUL 2.2 KOMPETENSI SOSIAL EMOSIONAL
Nama CGP |
: |
Aan Amirudin |
Angkatan / Kelas |
: |
10 / 71 |
Unit Tugas |
: |
SMKN 6 Kota Tangerang Selatan |
Pengajar Praktik |
: |
Estikajati |
Fasilitator |
: |
Rossa Vini Anggalia |
Model |
: |
Artikel |
Aksi Nyata dalam modul ini adalah berbagi pemahaman tentang 5
Kompetensi Sosial dan Emosional kepada Guru-Guru SMKN 6 Kota Tangerang Selatan
pada rapat pleno Sekolah dengan cara meminta waktu untuk berbagi pemahaman
tentang 5 KSE kepada Kepala Sekolah dan Panitia Rapat.
1.
Apa yang Bapak/Ibu lihat
dalam proses tersebut? (Peristiwa)
Menyampaikan tentang
pemahaman 5 KSE kepada rekan-rekan guru dalam acara rapat, menyampaikan tanpa
menggunakan slide PPT akan pentingnya 5 Kompetensi KSE.
2.
Apa yang Bapak/Ibu rasakan sehubungan dengan proses yang Anda
alami? (Perasaan)
Semuanya antusias
mendengarkan dengan seksama dan menanyakan hal yang perlu didiskusikan, dan
saya sebagai CGP yang berbagai pemahaman sangat senang dan merasa terhormat di
depan teman-teman bisa menyampaikan tentang suatu pengetahuan baru dalam
pendidikan.
3.
Apa hal yang bermanfaat
dari proses tersebut? (Pembelajaran)
Menerima ilmu baru
yang dapat diterapkan dalam setiap pembelajaran di kelas, semua rekan-rekan
guru mengakui bahwa jika 5 KSE sudah membudaya di sekolah maka akan tercipta
kedamaian dan kebahagiaan dalam pembelajaran.
4.
Apa umpan balik yang Anda dapatkan? (Pembelajaran)
Materi yang
disampaikan :
Definisi |
Penerapan |
Kesadaran Diri: kemampuan untuk memahami perasaan, emosi, dan nilai-nilai diri sendiri,
dan bagaimana pengaruhnya pada perilaku diri dalam berbagai situasi dan
konteks kehidupan. |
|
Manajemen Diri: kemampuan untuk
mengelola emosi, pikiran, dan perilaku diri secara efektif dalam berbagai
situasi dan untuk mencapai tujuan dan aspirasi |
|
Kesadaran
Sosial: kemampuan untuk memahami sudut pandang dan dapat berempati dengan orang
lain termasuk mereka yang berasal dari latar belakang, budaya, dan konteks
yang berbeda-beda |
|
Keterampilan Berelasi: kemampuan untuk
membangun dan mempertahankan hubungan-hubungan yang sehat dan suportif |
|
Pengambilan Keputusan
yang Bertanggung Jawab: kemampuan untuk mengambil pilihan-pilihan membangun yang berdasar atas
kepedulian, kapasitas dalam mempertimbangkan standar-standar etis dan rasa
aman, dan untuk mengevaluasi manfaat dan konsekuensi dari bermacam-macam
tindakan dan perilaku untuk kesejahteraan psikologis (well-being) diri
sendiri, masyarakat, dan kelompok |
|
Umpan balik yang
didapat : Bahwa setiap guru
dianjurkan untuk menerapkan 5 KSE ini dalam tiap pembelajaran atau bahkan dalam
penegakan kedisiplinan. Kepala Sekolah mengapresiasi jika ini dapat disadari dan
dilakukan setiap harinya di Sekolah.
5. Apa yang ingin Anda
perbaiki atau tingkatkan agar ini berdampak lebih luas? (Penerapan)
Tindak
lanjut, evaluasi dan kolaborasi dengan teman sejawat. Mengusulkan kepada Tim
Pengembang Kurikulum sekolah agar 5 KSE ini tertuang dalam Modul ajar Guru.