>> KLIK UNTUK MELIHAT AKSI NYATA AKSI NYATA
AKSI NYATA MODUL
1.1 PENERAPAN FILOSOFI PENDIDIKAN KIHADJAR DEWANTARA
Nama
CGP |
: |
Aan
Amirudin |
Angkatan
/ Kelas |
: |
10
/ 71 |
Unit
Tugas |
: |
SMKN
6 Kota Tangerang Selatan |
Pengajar
Praktik |
: |
Estikajati |
Fasilitator |
: |
Rossa
Vini Anggalia |
Model
|
: |
Jurnal
Aksi Nyata |
Pola fikir Sebelum dan Sesudah Mengikuti Pendidikan Guru Penggerak Modul 1.1
Sebelum
saya mengikuti pendidikan guru penggerak pembelajaran yang saya lakukan lebih
terpusat kepada saya (guru) dan prinsip dalam diri saya saya lah sumber belajar
satu-satunya. Tetapi setelah saya mengikuti pendidikan guru penggerak di modul 1.1
saya merasa bahwa pemikiran saya yang awal adalah salah, akibatnya peserta
didik kurang dapat mengeksplorasi kemampuannya di dalam kelas. Yang benar
adalah pembelajaran harus berpusat kepada anak. Saya mengubah cara mengajar
saya dengan menjadikan anak sebagai Student Center dan saya hanya sebagai
Fasilitator saja.Filosofi pendidikan KHD merubah cara berfikir saya bahwasanya
saya harus menjadi seorang guru yang menuntun dan senantiasa memberikan contoh
keteladanan.
Sesudah
Mempelajari Modul 1.1 |
Sesudah
Mempelajari Modul 1.1 |
Gagasan yang muncul selama Menjalankan Filosofi Pendidikan KHD adalah
Mengubah metode pemblajaran
yang tadinya berpusat kepada guru menjadi berpusat kepada murid.
2Mengubah pola fikir bahwa menjadi guru tidak hanya mengajar melainkan menjadi pendidik
Melaksanakan pembelajaran harus berpatokan kepada Ing madyo Mangun Karso, Ing Ngarso Sun Tulodo Tut Wuri Handayani untuk menghasilkan siswa yang berlandaskan Profil Pelajar Pancasila.
|
|
|
Berpusat kepada siswa |
Siswa pembelajar, guru fasilitator |
Guru sebagai penuntun |
Praktik
Baik Apa Saja yang Dilakukan
1. Berdisuksi dengan rekan sejawat
2. Membuat perencanaan pembelajaran
3. Menyiapkan alat dan bahan
|
|
|
Diskusi
dengan teman Sejawat |
Membuat modul
ajar |
Menyiapkan alat
dan bahan |
Pelaksanaan
Pembelajaran
1. Dalam pelaksanaan pembelajaran
tidak lupa untuk berdoa terlebih dahulu
2. Membuat kelompok berdasarkan
metode pembelajaran berdiferensiasi
3. Membuat karya
4. Presentasi
5. Refleksi
Berdoa |
|
Penting memulai
pembelajaran dengan berdoa terlebih dahulu agar pikiran menjadi sehat dan
mengacu kepada Profil Pelajar Pancisal Pertama yaitu Beriman, bertakwa kepada
Tuhan yang Maha Esa |
|
|
|
Membuat
kelompok |
|
Agar epektif
dalam pembelajaran serta terbagi dalam menyajikan materi maka perlu dibuatkan
kelompok sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila yaitu Gotong Royong |
|
|
|
Membuat
Karya |
|
Agar
pembelajaran menjadi pembelajaran berbasis projek sesuai dengan cita-cita
kurikulum merdeka maka peserta didik dalam kelas harus membuat suatu Produk
sesuai dengan profil Pelakar Pancasila yaitu Kreatif |
|
|
|
Presentasi |
|
Pembelajaran
harus hidup dengan saling menjelaskan, mengemukakan pendapat dan bertanya
melalui prsentasi sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila yaitu Bernalar
Kritis. |
|
|
|
Refleksi
oleh siswa |
|
Refleksi dari
siswa sangat diperlukan sebagai tolak ukur keberhasilan pembelajaran, jika
berhasil maka ditambah nilai-nilai baiknya, apabila kurang berhasil maka
harus ada perbaikan melalui Evaluasi. |
Tantangan
1. Masih terdapat murid yang tidak
mau kerjasama dengan temannya
2. Masih terdapat siswa yang tidak
menikmati pembelajaran, dia malah melamun dan tidak ikut kesepakatan kelas
3. Ketika presentasi masih
terdapat siswa yang hanya diam saja
4. Ketika presentasi masi terdapat
siswa yang tidak mendengarkan kelompok yang presentasi
Solusi
1. Merefleksikan pembelajaran
2. Melakukan pendekatan persuasif kepada
siswa yang pasif
3. Melakukan pembimbingan fersonal
4. Membuat siswa lebih berani
dalam mengemukakan pendapat
Evaluasi
Bersama
|
|
|
|
Posting Komentar
0Komentar