AKSI NYATA MODUL 1.1

 >> KLIK UNTUK MELIHAT AKSI NYATA AKSI NYATA

AKSI NYATA MODUL 1.1 PENERAPAN FILOSOFI PENDIDIKAN KIHADJAR DEWANTARA

Nama CGP

:

Aan Amirudin

Angkatan / Kelas

:

10 / 71

Unit Tugas

:

SMKN 6 Kota Tangerang Selatan

Pengajar Praktik

:

Estikajati

Fasilitator

:

Rossa Vini Anggalia

Model

:

Jurnal Aksi Nyata

Pola fikir Sebelum dan Sesudah Mengikuti Pendidikan Guru Penggerak Modul 1.1

Sebelum saya mengikuti pendidikan guru penggerak pembelajaran yang saya lakukan lebih terpusat kepada saya (guru) dan prinsip dalam diri saya saya lah sumber belajar satu-satunya. Tetapi setelah saya mengikuti pendidikan guru penggerak di modul 1.1 saya merasa bahwa pemikiran saya yang awal adalah salah, akibatnya peserta didik kurang dapat mengeksplorasi kemampuannya di dalam kelas. Yang benar adalah pembelajaran harus berpusat kepada anak. Saya mengubah cara mengajar saya dengan menjadikan anak sebagai Student Center dan saya hanya sebagai Fasilitator saja.Filosofi pendidikan KHD merubah cara berfikir saya bahwasanya saya harus menjadi seorang guru yang menuntun dan senantiasa memberikan contoh keteladanan.

Sesudah Mempelajari Modul 1.1

Sesudah Mempelajari Modul 1.1

 

Gagasan yang muncul selama Menjalankan Filosofi Pendidikan KHD adalah

Mengubah metode pemblajaran yang tadinya berpusat kepada guru menjadi berpusat kepada murid.

2Mengubah pola fikir bahwa menjadi guru tidak hanya mengajar melainkan menjadi pendidik

Melaksanakan pembelajaran harus berpatokan kepada Ing madyo Mangun Karso, Ing Ngarso Sun Tulodo Tut Wuri Handayani untuk menghasilkan siswa yang berlandaskan Profil Pelajar Pancasila.



Berpusat kepada siswa

Siswa pembelajar, guru fasilitator

Guru sebagai penuntun

 

Praktik Baik Apa Saja yang Dilakukan

1.      Berdisuksi dengan rekan sejawat

2.      Membuat perencanaan pembelajaran

3.      Menyiapkan alat dan bahan




Diskusi dengan teman Sejawat

Membuat modul ajar

Menyiapkan alat dan bahan

 

Pelaksanaan Pembelajaran

1.      Dalam pelaksanaan pembelajaran tidak lupa untuk berdoa terlebih dahulu

2.      Membuat kelompok berdasarkan metode pembelajaran berdiferensiasi

3.      Membuat karya

4.      Presentasi

5.      Refleksi

Berdoa


Penting memulai pembelajaran dengan berdoa terlebih dahulu agar pikiran menjadi sehat dan mengacu kepada Profil Pelajar Pancisal Pertama yaitu Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa

 

 

 

 

Membuat kelompok


Agar epektif dalam pembelajaran serta terbagi dalam menyajikan materi maka perlu dibuatkan kelompok sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila yaitu Gotong Royong

 

 

 

Membuat Karya


 

Agar pembelajaran menjadi pembelajaran berbasis projek sesuai dengan cita-cita kurikulum merdeka maka peserta didik dalam kelas harus membuat suatu Produk sesuai dengan profil Pelakar Pancasila yaitu Kreatif

 

 

 

Presentasi


Pembelajaran harus hidup dengan saling menjelaskan, mengemukakan pendapat dan bertanya melalui prsentasi sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila yaitu Bernalar Kritis.

 

 

 

 

Refleksi oleh siswa


Refleksi dari siswa sangat diperlukan sebagai tolak ukur keberhasilan pembelajaran, jika berhasil maka ditambah nilai-nilai baiknya, apabila kurang berhasil maka harus ada perbaikan melalui Evaluasi.

 

Tantangan

1.      Masih terdapat murid yang tidak mau kerjasama dengan temannya

2.      Masih terdapat siswa yang tidak menikmati pembelajaran, dia malah melamun dan tidak ikut kesepakatan kelas

3.      Ketika presentasi masih terdapat siswa yang hanya diam saja

4.      Ketika presentasi masi terdapat siswa yang tidak mendengarkan kelompok yang presentasi

Solusi

1.      Merefleksikan pembelajaran

2.      Melakukan pendekatan persuasif kepada siswa yang pasif

3.      Melakukan pembimbingan fersonal

4.      Membuat siswa lebih berani dalam mengemukakan pendapat

Evaluasi Bersama










Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)