Koneksi Antar Materi Modul 2.1

Azmi
0

 

KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 2.1 PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI

Nama CGP

:

Aan Amirudin

Angkatan / Kelas

:

10 / 71

Unit Tugas

:

SMKN 6 Kota Tangerang Selatan

Pengajar Praktik

:

Estikajati

Fasilitator

:

Rossa Vini Anggalia

Model

:

Artikel

 

Setiap siswa memiliki kebutuhan dan profil belajar yang berbeda-beda, untuk menjawab kenyataan itu maka diperlukan Pembelajaran Berdiferensiasi. Pembelajaran Berdiferensiasi adalah Pembelajaran yang memberikan ruang keleluasaan pada siswa dengan tujuan dapat meningkatkan potensi dirinya sesuai dengan kesiapan berlajar, minat bakat dan profil belajarnya. Dalam pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi siswa dan guru perlu membangun hubungan saling percaya untuk mengetahui  latar belakang, perasaan, keinginan dan minat dari siswa-siswanya. Ada 3 strategi yang dapat diterapkan dalam Pembelajaran Berdiferensiasi, yaitu.

1.      Diferensiasi Konten

2.      Diferensiasi Proses

3.      Diferensiasi Produk

Diferensiasi Konten adalah pembelajaran yang mengakomodir kebutuhan siswa. Guru memfasilitasi Siswa sesuai dengan kebutuhannya, karena setiap siswa memiliki latar belakang dan karakteristik yang berbeda-beda, sehingga tidak bisa diberi perlakuan yang sama. Diferensiasi Proses adalah pembelajaran yang berfokus kepada bagaimana agar siswa memahami materi yang dipelajari. sedangkan Diferensiasi Produk adalah pembelajaran yang berfokus pada tagihan atau hasil yang diharapkan dari siswa setelah melaksanakan pembelajaran baik berupa presentasi, pertunjukan, pidato, diagram atau produk lainnya yang mencerminkan pemahaman siswa tentang materi yang dipelajari.

Ketika pembelajaran berlangsung maka guru memonitor siswa dalam tiap gerak langkahnya dalam pembelajaran, baik dalam diskusi kelompok, presentasi, atau bahkan ketika mengeluarkan pendapatnya, maka itulah penilaian Pormatif. Penilaian Pormatif ini akan membuat guru mengetahui tentang pengetahuan, pemahaman dan keterampilan siswa terkait materi yang dipelajari, dan penilaian ini harus dilakukan secara konsisten dan berkelanjutan.

Dengan pembelajaran berdiferensiasi maka kebutuhan dan profil belajar siswa akan terpenuhi, suasana kelas akan menjadi hidup, dan pembelajaran akan sesuai dengan kodrat alam dan zaman.

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)