Mulai Dari Diri Modul 2.1

Azmi
0

 


Mulai Dari Diri Modul 2.1

Nama CGP

:

Aan Amirudin

Angkatan / Kelas

:

10 / 71

Unit Tugas

:

SMKN 6 Kota Tangerang Selatan

Pengajar Praktik

:

Estikajati

Fasilitator

:

Rossa Vini Anggalia

Model

:

Jurnal Refleksi Diri

 

1.      Bayangkanlah kelas yang saat ini Anda ampu dengan segala keragaman murid-murid Anda.

Saya membayangkan dan itulah keadaan kelas yang saya ampu sekarang. Terdapat keberagaman diantaranya ada yang unggul dalam bidang eksak, ada yang unggul dalam bidang teori, ada yang unggul dalam akademik da nada yang unggul dalam non akademik, ada yang suka mendengarkan penjelasan guru, ada yang suka membaca informasi dari berbagai referensi, ada yang suka kinestetik da nada juga yang tidak memiliki motivasi instrinsik untuk itu.

2.      Apa yang telah Anda lakukan untuk melayani kemampuan murid yang berbeda?

Sebelum mengenal pembelajaran berdiferensiasi saya selalau menyamaratakan mereka, apapun keinginan mereka saya jadikan diri saya sembagai pusat dan sumber pembelajaran.

3.      Apa yang Anda lakukan untuk membuat proses pembelajaran menjadi lebih mudah untuk murid Anda?

Disuksi dengan teman sejawat, menumbuhkan motivasi intrinsic murid, menambah referensi untuk memperbanyak model dan metode pembelajaran, dan melakukan coaching kepada murid yang motivasi nya kurang.

4.      pakah ada perlakuan yang berbeda yang Anda lakukan? Ada. Jika ada, perlakuan seperti apa? Jika tidak ada, apa dampaknya terhadap murid Anda?

Saya selalu bertanya kepada murid yang menurut saya dapat menjawab apa yang saya tanyakan, bereksplorasi pengetahuan dengan leluasa dan menhimpulkan suatu materi pembelajaran. Dampak terhadap murid yang cerdas akan semakin cerdas, yang tertinggal akan semakin tertinggal.

5.      Sebutkan tantangan-tantangan yang Anda hadapi dalam proses pembelajaran di kelas yang disebabkan oleh keragaman murid-murid Anda tersebut?

Harus memfasilitasi keberagaman itu, dalam keberagaman saya harus diterima oleh murid cara mengajar saya, dan di dalam keberagaman tersebut capaian pembelajaran tetap harus tercapai melalui sebuah tujuan pembelajaran.

6.      Tindakan-tindakan apa yang telah Anda lakukan untuk mengatasi tantangan-tantangan tersebut?

Mempelajari pembelajaran berdiferensiasi, mencari instrument untuk menentukan pembagian antara auditori, visual dan kinestetik, meningkatkan kemampuan dalam pembelajaran dircovery learning.

7.      Menurut Anda, untuk mengakomodasi tantangan yang terkait dengan keragaman murid tersebut, bagaimana seharusnya pembelajaran itu dirancang, dilaksanakan, dan dievaluasi?

Pembelajaran harus terencana dengan baik melalui sebuah dokumen ajar yang disebut dengan modul ajar, di dalam pelaksanaannya harus lah sesuai dengan apa yang sudah direncanakan, dan evaluasi harus dilaksanakan oleh tim pengembang kurikulum, kepala sekolah atau bahkan pengawas sekolah melaului kegiatan supervisi akademik.

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)