Mulai Dari Diri
Modul 2.1
Nama
CGP |
: |
Aan
Amirudin |
Angkatan
/ Kelas |
: |
10
/ 71 |
Unit
Tugas |
: |
SMKN
6 Kota Tangerang Selatan |
Pengajar
Praktik |
: |
Estikajati |
Fasilitator |
: |
Rossa
Vini Anggalia |
Model
|
: |
Jurnal
Refleksi Diri |
1.
Bayangkanlah kelas yang saat
ini Anda ampu dengan segala keragaman murid-murid Anda.
Saya membayangkan dan itulah
keadaan kelas yang saya ampu sekarang. Terdapat keberagaman diantaranya ada
yang unggul dalam bidang eksak, ada yang unggul dalam bidang teori, ada yang
unggul dalam akademik da nada yang unggul dalam non akademik, ada yang suka
mendengarkan penjelasan guru, ada yang suka membaca informasi dari berbagai referensi,
ada yang suka kinestetik da nada juga yang tidak memiliki motivasi instrinsik
untuk itu.
2.
Apa yang telah Anda lakukan
untuk melayani kemampuan murid yang berbeda?
Sebelum mengenal pembelajaran
berdiferensiasi saya selalau menyamaratakan mereka, apapun keinginan mereka
saya jadikan diri saya sembagai pusat dan sumber pembelajaran.
3.
Apa yang Anda lakukan untuk
membuat proses pembelajaran menjadi lebih mudah untuk murid Anda?
Disuksi dengan teman sejawat,
menumbuhkan motivasi intrinsic murid, menambah referensi untuk memperbanyak
model dan metode pembelajaran, dan melakukan coaching kepada murid yang
motivasi nya kurang.
4.
pakah ada perlakuan yang
berbeda yang Anda lakukan? Ada. Jika ada, perlakuan seperti apa? Jika
tidak ada, apa dampaknya terhadap murid Anda?
Saya selalu bertanya kepada
murid yang menurut saya dapat menjawab apa yang saya tanyakan, bereksplorasi
pengetahuan dengan leluasa dan menhimpulkan suatu materi pembelajaran. Dampak
terhadap murid yang cerdas akan semakin cerdas, yang tertinggal akan semakin
tertinggal.
5.
Sebutkan tantangan-tantangan
yang Anda hadapi dalam proses pembelajaran di kelas yang disebabkan oleh
keragaman murid-murid Anda tersebut?
Harus memfasilitasi keberagaman
itu, dalam keberagaman saya harus diterima oleh murid cara mengajar saya, dan
di dalam keberagaman tersebut capaian pembelajaran tetap harus tercapai melalui
sebuah tujuan pembelajaran.
6.
Tindakan-tindakan apa yang
telah Anda lakukan untuk mengatasi tantangan-tantangan tersebut?
Mempelajari pembelajaran
berdiferensiasi, mencari instrument untuk menentukan pembagian antara auditori,
visual dan kinestetik, meningkatkan kemampuan dalam pembelajaran dircovery learning.
7.
Menurut Anda, untuk
mengakomodasi tantangan yang terkait dengan keragaman murid tersebut, bagaimana
seharusnya pembelajaran itu dirancang, dilaksanakan, dan dievaluasi?
Pembelajaran harus terencana
dengan baik melalui sebuah dokumen ajar yang disebut dengan modul ajar, di
dalam pelaksanaannya harus lah sesuai dengan apa yang sudah direncanakan, dan
evaluasi harus dilaksanakan oleh tim pengembang kurikulum, kepala sekolah atau
bahkan pengawas sekolah melaului kegiatan supervisi akademik.