MENUMBUHKAN SOLIDERITAS MELALUI ZAKAT X RPL 2

Azmi
29
ZAKAT
1. Baca dan Fahami teks bacaan di bawah ini
2. Tulis bagian - bagian yang kamu anggap penting di buku PAI kamu
3. Tinggalkan komentar di di kolom komentar dengan format
Nama :
Kelas :
Hasil Belajar :
4. Setelah kamu melaksanakan komentar, kirim email ke azmibrama@gmail.com dengan format
Nama :
Kelas :
Status : Sudah Komentar
========================================================================





Posting Komentar

29Komentar

  1. NAMA: AHMAD MURSITO
    KELAS: XRPL2
    HASIL BELAJAR:
    HIKMAH ZAKAT
    merupakan bukti keimanan kpd Allah.wujud mensyukuri nikmatnya,dan menumbuhkan rasa kepedulian yang tinggi terhadap yang membutuhkan.

    BalasHapus
  2. Nama: syahira
    Kelas: X rpl 2
    Hasil belajar:
    PENGELOLAAN ZAKAT FITRAH
    Zakat Fitrah ialah zakat diri yang diwajibkan atas diri setiap individu lelaki dan perempuan muslim yang berkemampuan dengan syarat-syarat yang ditetapkan. Kata Fitrah yang ada merujuk pada keadaan manusia saat baru diciptakan sehingga dengan mengeluarkan zakat ini manusia dengan izin Allah akan kembali fitrah.

    BalasHapus
  3. Nama :Lala amelia
    Kelas:x rpl 2
    Zakat merupakan solusi jitu dalam membangun kesolidan umat islam.masih banyak nilai positif yang di kandung dalam kewajiban menunaikan zakat diantaranya menunaikan dan membersihkan diri , sebagai bentuk rasa syukur , membantu sesama orang yang membutuhkan , menyembuhkan diri dari penyakit pelit dan melatih bersikap adil.

    BalasHapus
  4. Nama; Claudia Safitri
    Kelas; X. Rpl2
    Hasil belajar; Zakat, Infaq, dan Shadaqah merupakan bagian dari bukti bahwa kita harus berbagi sedikit rezeki yang kita punya, sebab kita tahu bahwa semua yang kita miliki hanya titipan dari Allah semata. Maka dari itu kita wajib ber-zakat, infaq, atau berShadaqah untuk berbagi ke sesama umat atas semua yang Allah berikan kepada kita.

    BalasHapus
  5. Nama:Dimas Arya Saputra
    Kelas:X RPL2
    hasil belajar:
    Zakat menurut bahasa ialah tumbuh suci berkah menurut istilah ialah pemberian harta dengan kadar dan syarat tertentu kepada yang berhak sebagai ibadah wajib
    Zakat dibagi menjadi dua yaitu: zakat mal dan zakat fitrah.
    Banyak sekalih hikmah yang kita bisa pelajari dari zakat dimana kita membuktikan ke imanan kepada Allah menunjukkan rasa syukur keada nikmat-nikmatnya yang telah di berikan kepada kita dan rasa peduli dan solidaritas.
    Dan mencerminkan sifat dermawan karna kita memiliki kepedulian kepada mereka yang membuktikan dan kita selalu optimis bahwa Allah akan memberikan lebih dari apa yang kita beri di dunia ini. Akan tergantikan di beri lebih besar di dunia maupun di akhirat

    BalasHapus
  6. Nama : yurico bagus dwi anggoro
    Kelas: X/RPL2
    Hasil belajar:Zakat merupakan kata yang berasal dari bahasa Arab yang artinya subur, tumbuh, berkembang, atau bertambah. Sedangkan secara istilah zakat berarti mengambil sebagian harta dengan sifat-sifat tertentu untuk diberikan kepada golongan tertentu.

    BalasHapus
  7. Nama:Gitaastari
    kelas:X.rpl2
    hasil belajar:
    Zakat adalah sejumlah harta yang wajib dikeluarkan oleh umat Muslim untuk diberikan kepada golongan yang berhak menerima, seperti fakir miskin dan semacamnya, sesuai dengan yang ditetapkan oleh syariah. Zakat termasuk rukun Islam ke-4 dan menjadi salah satu unsur paling penting dalam menegakkan syariat Islam.

    Oleh karena itu, hukum zakat adalah wajib bagi setiap Muslim yang telah memenuhi syarat-syarat tertentu. Zakat juga merupakan bentuk ibadah seperti shalat, puasa, dan lainnya dan telah diatur dengan rinci berdasarkan Al-Quran dan Sunnah.
    1. zakat fitrah

    Zakat fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan umat Muslim menjelang hari raya Idul Fitri atau pada bulan Ramadan. Zakat fitrah dapat dibayar dengan setara 3,5 liter (2,5 kilogram) makanan pokok dari daerah yang bersangkutan. Makanan pokok di Indonesia adalah nasi, maka yang dapat dijadikan sebagai zakat adalah berupa beras.

    2. Zakat Maal

    Zakat maal (harta) adalah zakat penghasilan seperti hasil pertanian, hasil pertambangan, hasil laut, hasil perniagaan, hasil ternak, harta temuan, emas dan perak. Masing-masing jenis penghasilan memiliki perhitungannya sendiri.

    Dalam Undang-Undang (UU) tentang Pengelolaan Zakat Nomor 38 Tahun 1998, pengertian zakat maal adalah bagian dari harta yang disisihkan oleh seorang Muslim atau badan yang dimiliki orang Muslim sesuai ketentuan agama untuk diberikan kepada yang berhak menerimanya.

    BalasHapus
  8. Nama : Ayunisa Abdita Utami
    Kelas : X RPL 2
    Zakat mempunyai peranan penting dalam mewujudkan rasa solidaritas sosial bagi individu masyarakat Islam. Ia dapat mengokohkan ikatan sosial antar umat. Dengan mengeluarkan zakat atas dasar kebaikan hati, maka akan nampak rasa belas kasih orang kaya terhadap orang fakir, dan hati orang yang fakir akan dipenuhi perasaan cinta kepadanya. Jadi, zakat ditinjau dari kefarduan dan ketertentuan mengeluarkannya adalah gambaran sistem Islam yang hak dan telah diatur oleh Allah al-Aziz yang telah mensyariatkan pada hamba-hamba-Nya apa yang mengandung keberuntungan di dunia kenikmatan di akhirat.
    Tujuan solidaritas sosial dari zakat adalah menciptakan komitmen antar individu masayarakat terhadap sebagian yang lain untuk saling mengasihi, menyayangi, mencintai, berbuat baik, memerintah kebaikan dan melarang kemungkaran sebagaimana ayat di atas. Bahkan juga mencakup kesanggupan tiap individu yang memiliki kemampuan untuk menolong saudaranya yang membutuhkan.
    Dengan adanya kesadaran zakat yang tinggi, semoga kehidupan kita akan dapat berlangsung sejahtera, tidak mengalami kesulitan hidup yang sangat jauh antara sesamanya.

    BalasHapus
  9. •Nama : Nurfadillah
    •Kelas : X Rpl 2
    •Hasil belajar :

    •Zakat Merupakan Rukun Islam yang ke-4•
    Jadi kita sebagai umat muslim diwajibkan untuk berzakat,zakat pun terbagi dalam beberapa jenis
    •Zakat Fitrah
    •Zakat Mal
    Yang wajib menerimanya pun telah ditentukan:
    -Fakir,miskin -Amil.
    -Mualaf. -Riqab.
    -Gharim. -Sabilillah.
    -Musafir
    Sebagai umat muslim pentingnya berzakat
    Berzakat adalah salah satu perbuatan kita untuk membantu sesama penumbuhkan tali persaudaraan.selain dapat membantu orang lain fungsi dari zakat sendiri adalah membersihkan harta orang yang berpuasa dari berbagai perbuatan sia-sia dan kesalahan, sehingga seorang yang berpuasa dapat meraih kesempurnaan pahala puasanya.
    =>Dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata:


    فَرَضَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- زَكَاةَ الْفِطْرِ طُهْرَةً لِلصَّائِمِ مِنَ اللَّغْوِ وَالرَّفَثِ وَطُعْمَةً لِلْمَسَاكِينِ مَنْ أَدَّاهَا قَبْلَ الصَّلاَةِ فَهِىَ زَكَاةٌ مَقْبُولَةٌ وَمَنْ أَدَّاهَا بَعْدَ الصَّلاَةِ فَهِىَ صَدَقَةٌ مِنَ الصَّدَقَاتِ.

    “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mewajibkan zakat fitrah untuk menyucikan orang yang berpuasa dari bersenda gurau dan kata-kata keji, dan juga untuk memberi makan orang miskin. Barangsiapa yang menunaikannya sebelum shalat maka zakatnya diterima dan barangsiapa yang menunaikannya setelah shalat maka itu hanya dianggap sebagai sedekah di antara berbagai sedekah.” (HR. Abu Daud, no. 1609; Ibnu Majah, no. 1827. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan. Syaikh Al-Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan)

    BalasHapus
  10. Nama: Fiqih Ahmad
    Kelas: X RPL 2
    Hasil Belajar:
    Zakat, Infak, Shodaqoh merupakan lingkaran kebajikan dalam rangka mengharapkan Ridha Allah SWT.

    Zakat merupakan salah satu rukun Islam, Zakat diwajibkan atas orang islam dan merdeka yang memiliki senishob harta secara sempurna.

    Kesimpulannya zakat merupakan perbuatan kepedulian terhadap sesama umat manusia yang memupuk rasa solidaritas.

    BalasHapus
  11. Nama:Bulan Februarini
    Kelas:Xrpl2

    Hasil belajar:
    Zakat menurut bahasa artinya tumbuh,suci,atau berkah.Menurut istilah, adalah pemberian harta dengan kadar dan syarat tertentu kepada yang berhak.Sebagai ibadah wajib,zakat dibagi menjadi 2, yaitu:zakat mal dan zakat fitrah.
    -Zakat fitrah
    Zakat fitrah adalah pengeluaran yang wajib dilakukan oleh setiap muslim yang mempunyai kelebihan dari nafkah keluarga pada malam Idul Fitri.
    -Rukun dalam zakat fitrah:
    •Niat
    •Muzakki
    •Mustahiq
    •Sesuatu yang dizakatkan

    -Zakat mal
    Zakat mal adalah zakat penghasilan seperti hasil pertanian,hasil pertambangan,hasil laut,hasil perniagaan,hasil ternak,harta temuan,emas dan perak.
    -Rukun dalam zakat mal:
    •Niat
    •Muzakki
    •Mustahiq
    •Barang yang ingin dizakatkan

    BalasHapus
  12. Nama:fani tria wahyuni
    Kelas:x.rpl 2

    Hasil belajar;
    Zakat adalah mengeluarkan dari sebagian harta benda atas perintah Allah,sebagai shadaqah wajib kepada mereka yang telah ditentukan oleh hukum Islam.

    BalasHapus
  13. Nama :Haris Tiswansyah
    Kelas:X RPL 2

    Hasil Belajar:
    Selain zakat harta, kita juga wajib mengeluarkan zakat fitrah. Berdasarkan pengertiannya zakat fitrah merupakan zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap individu yang beragama Islam. Selain untuk dirinya sendiri, dia juga wajib membayar zakat untuk semua orang yang berada dalam tanggungannya termasuk anak-anak maupun orang tua.

    BalasHapus
  14. Nama :Haris Tiswansyah
    Kelas:X RPL 2

    Hasil Belajar:
    Zakat adalah ibadah wajib bagi semua umat Islam dan termasuk ke dalam rukun Islam keempat. Secara bahasa, zakat artinya bersih, suci, berkat dan berkembang. Dari segi istilah, zakat mengacu kepada harta tertentu yang wajib dikeluarkan oleh setiap orang yang beragama Islam dan diberikan kepada yang berhak menerimanya.

    Perintah mengenai zakat bisa kita temukan di beberapa ayat dalam Alquran. Salah satunya seperti yang tertuang dalam surat Al Baqarah ayat 43 yang berbunyi,

    “Dan dirikanlah salat, tunaikanlah zakat dan ruku’lah beserta orang-orang yang ruku’”

    Dalam Islam ada dua jenis zakat yang wajib ditunaikan yakni zakat harta dan zakat fitrah.

    Zakat harta atau zakat maal adalah zakat yang wajib dikeluarkan dari hasil pertanian, pertambangan, pelayaran, perniagaan, ternak hingga emas dan perak yang dimiliki. Harta-harta ini wajib dikeluarkan setelah mencapai nisab (jumlah) tertentu dan haul (masa satu tahun kepemilikan).

    Selain zakat harta, kita juga wajib mengeluarkan zakat fitrah. Berdasarkan pengertiannya zakat fitrah merupakan zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap individu yang beragama Islam. Selain untuk dirinya sendiri, dia juga wajib membayar zakat untuk semua orang yang berada dalam tanggungannya termasuk anak-anak maupun orang tua.

    BalasHapus
  15. Nama : Muhamad Rafi Naufal
    Kelas : x,rpl2
    Hasil belajar :
    Zakat fitrah adalah pengeluaran yang wajib di lakukan oleh setiap muslim yang mempunyai kelebihan dari nafkah keluarga pada malam idul fitri.Banyak ya sha' (sekitar 2,5 kg atau 3,5 liter beras yang dapat di bayarkan dengan uang seharga1 sha'(sekitar 2,5kg) atau 3,5 liter beras yang bisa di komsumsi.
    QS- At Taubah :60 berfirman:
    Dan Sesungguhnya zakat-zakat itu, hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, Para mu'allaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak, orang-orang yang berhutang, untuk jalan Allah dan untuk mereka yuang sedang dalam perjalanan, sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah, dan Allah Maha mengetahui lagi Maha Bijaksana

    BalasHapus
  16. Nama:sherly septiani
    Kelas:X RPL 2
    HASIL BELAJAR ; Zakat adalah ibadah wajib bagi semua umat Islam dan termasuk ke dalam rukun Islam keempat. Secara bahasa, zakat artinya bersih, suci, berkat dan berkembang. Dari segi istilah, zakat mengacu kepada harta tertentu yang wajib dikeluarkan oleh setiap orang yang beragama Islam dan diberikan kepada yang berhak menerimanya.

    Dalam agama Islam, zakat tidak hanya berupa zakat fitrah saja, namun juga ada zakat mal (harta). Perbedaannya, terletak pada bentuk zat yang dibayarkan dan waktu permbayarannya. Jika zakat fitrah, maka wajib dibayar oleh orang yang masuk ke dalam golongan wajib membayar zakat fitrah untuk orang yang berhak menerima zakat fitrah di bulan Ramadhan, berupa berat 3.5 liter atau 2.7 kg beras atau makanan pokok lain yang berlaku di wilayah tersebut.

    zakat memiliki banyak hikmah dalam pelaksanaannya antara lain:

    ● Mengurangi kesenjangan sosial antara si kaya dan si miskin
    ● Membersihkan harta dari bagian yang bukan hak kita
    ●Mengikis akhlak yang buruk
    ● Zakat adalah ungkapan rasa syukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT
    ●Zakat yang dikumpulkan bisa dijadikan dana pengembangan potensi umat
    ● Memberikan dukungan moril dan materil kepada orang-orang yang baru masuk Islam.

    BalasHapus
  17. Nama : Serly Aulia Rahma
    Kelas : X RPL 2
    Hasil Belajar :
    “zakat” adalah tumbuh, berkembang, subur atau bertambah. Dalam Al-Quran dan hadis disebutkan, “Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah” (QS. al-Baqarah[2]: 276); “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan menyucikan mereka” (QS. at-Taubah[9]: 103); “Sedekah tidak akan mengurangi harta” (HR. Tirmizi).

    Zakat fitrah merupakan salah satu dari jenis zakat yang wajib dikeluarkan setiap individu merdeka dan mampu serta sesuai dengan syarat yang telah ditetapkan.

    Hikmah Zakat:
    -Menyempurnakan keimanan seorang muslim
    -Membersihkan diri dari sifat kikir dan akhlak yang tercela
    -Hartanya akan terus bertambah, seperti yang tertulis dalam HR. Muslim no 2558: “Sedekah tidaklah mengurangi harta.”

    Perbedaan Zakat, Infaq, dan Shadaqah
    1. Zakat, sifatnya wajib dan adanya ketentuannya/batasan jumlah harta yang harus zakat dan siapa yang boleh menerima.
    2. Infaq, sumbangan sukarela atau seikhlasnya (materi).
    3. Shadaqah, lebih luas dari infaq, karena yang disedekahkan tidak terbatas pada materi saja.

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. Nama : Silfia nopi yanti
    Kelas :X rpl 2
    hasil belajar :
    zakat menurut bahasa artinya bersih, tambah dan terpuji, Sedangkan menurut istilah zakat adalah kadar harta tertentu yang diberikan kepada para mustahiq (yang berhak) menerimanya dengan beberapa syarat.
    zakat yaitu pemberian sebagian harta kepada fakir miskin dan orang-orang yang berhak menerimanya dan hukumnya wajib.
    zakat, infaq shadaqah merupakan bukti bahwa kita harus berbagi rezeki yang kita punya, pasti semua tau apa yang kita miliki semata hanya titipan allah swt, maka dari itu berzakat wajib bagi umat manusia untuk berbagi sesama umat, berzakat juga mampu membersihkan harta dan jiwa. pada harta yang kita miliki, sejatinya terdapat hak-hak orang lain di dalamnya, dan ada juga sebagai sarana pengendalian diri, zakat akan membantu kita untuk mengekang keinginan dan kecintaan pada harta.

    BalasHapus
  20. NAMA: AMALIYAH SYAHIDAH
    KELAS: X RPL 2
    HASIL BELAJAR:zakat memiliki arti suci, berkah, tumbuh, bersih dan baik. Dan secara istilah, zakat memiliki arti mengeluarkan kadar harta tertentu yang wajib dikeluarkan oleh seorang muslim kepada muslim lain yang berhak menerimannya, dengan syarat – syarat tertentu.

    Hukum dari zakat adalah fardhu ‘ain, yaitu wajib bagi setiap muslim laki-laki maupun perempuan yang telah memiliki harta dan mencapai nisabnya. Lebih lanjut, zakat memiliki fungsi sebagai pembersih jiwa dari sifat-sifat tercela seperti iri hati, dengki, riya serta takabur.
    *Setiap orang wajib menunaikan zakat jika memiliki syarat-syarat wajib zakat seperti tertulis di bawah ini.

    -Islam
    Zakat hanya dikenakan kepada orang-orang yang beragama Islam.
    -Berakal dan Baligh
    -Dimiliki secara sempurna
    Harta yang akan dizakatkan merupakan milik sendiri di tangan individu dan tidak berkaitan dengan hak orang lain, atau harta tersebut disalurkan atas pilihannya sendiri.
    Mencapai nisab
    -Nisab adalah batasan antara apakah kekayaan itu wajib zakat atau tidak. Jadi, harta yang dimiliki seseorang telah mencapai nisab, maka kekayaan tersebut wajib dizakatkan.
    *Macam – macam Zakat

    Selanjutnya, setelah kita memahami pengertian zakat secara istilah dan bahasa, berikut adalah macam – macam zakat yang perlu kita ketahui. Mengetahui macam – macam zakat akan sangat berguna bagi kita ketika akan membayarkannya. Berikut penjelasannya:

    * Zakat Fitrah
    Tentu anda sudah sangat sering mendengar tentang zakat fitrah. Zakat fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap muslim. Laki-laki maupun perempuan, tua maupun muda untuk dirinya sendiri dan untuk orang-orang yang menjadi tanggungannya.

    Zakat fitrah bisanya berupa bahan makanan pokok yang dibayar yang ditentkan sesuai dengan kadar yang telah disyaratkan oleh hukum syariat islam yaitu, 1 Sha’ (2,5 kg atau 3,1 liter) setiap muslim.

    Zakat fitrah dikeluarkan atau dibayarkan pada malam hari raya idul fitri dengan tujuan untuk mensucikan jiwa.

    *Zakat Maal
    Selanjutnya adalah Zakat Maal, yaitu zakat yang dikeluarkan oleh setiap muslim yang mampu untuk diberikan kepada orang-orang yang berhak menerima zakat. Orang yang berhak ini disebut sebagai mustahik, dengan ketentuan harta tersebut telah mencapai nisab dan dimiliki secara penuh. Zakat maal dikeluarkan dengan tujuan untuk mensucikan harta yang dimiliki.

    Selanjutnya, jenis harta yang wajib dikeluarkan zakatnya oleh setiap muslim yang mampu diantaranya adalah emas, perak, mata uang, harta perniagaan, hewan ternak, buah-buahan dan biji-bijian yang menjadi makanan pokok, barang tambang serta harta rikaz (harta temuan).

    *Berikut adalah syarat-syarat wajib zakat maal:

    1) Islam
    2) Merdeka
    3) Harta itu dimiliki secara penuh
    4) Harta tersebut sudah mencapai nisabnya
    5) Telah dimiliki dalam waktu satu tahun

    *Golongan orang yang berhak menerima zakat
    -fakir
    -miskin
    -amil
    -mualaf
    -riqab
    -Gharim
    -Musafir
    -Sabilillah

    BalasHapus
  21. Nama : fadhiil daffa m
    Kelas : x Rpl 2
    Hasil belajar : Zakat, Infak, Shodaqoh merupakan lingkaran kebajikan dalam rangka mengharapkan Ridha Allah SWT.
    Zakat adalah sejumlah harta yang wajib dikeluarkan oleh umat Muslim untuk diberikan kepada golongan yang berhak menerima, seperti fakir miskin dan semacamnya, sesuai dengan yang ditetapkan oleh syariah.

    BalasHapus
  22. Nama : Husnul Khotimah
    Kelas : X RPL 2
    Hasil belajar:
    Zakat, infaq dan shodaqoh merupakan amalan kebajikan untuk menyisihkan sedikit harta yang dimiliki sebagai wujud rasa syukur kita atas nikmat yang Allah telah diberikan dan mengharapkan ridho Alla SWT.

    Zakat merupakan kewajiban bagi umat Islam yang telah ditetapkan dalam Al-Qur'an. Zakat termasuk rukun Islam yang keempat, zakat mempunyai peran yang sangat penting bagi umat Islam, sebab zakat dapat membersihkan dan mensucikan hati umat manusia. Sehingga terhindar dari sifat tercela seperti kikir, rakus dan gemar memupuk harta.
    Zakat merupakan ibadah maliyah yang memiliki fungsi sosial ekonomi atas pemerataan karunia Allah SWT. Dan merupakan perwujudan dari solidaritas sosial, persaudaraan sesama umat Islam, serta pengikat persatuan umat dan bangsa.

    BalasHapus
  23. Nama : Raihan Eko Mulawarman
    Kelas: X Rpl 2
    Hasil belajar :Jangan ragu untuk Memberikan zakat,infaq,shadaqoh
    Karena yakin allah swt akan memberikan lebih dari apa yang ia berikan didunia,maupun akhirat

    BalasHapus
  24. Nama:AZLAN ZAKARIA S
    kelas:X.rpl2
    hasil belajar:
    Zakat adalah sejumlah harta yang wajib dikeluarkan oleh umat Muslim untuk diberikan kepada golongan yang berhak menerima, seperti fakir miskin dan semacamnya, sesuai dengan yang ditetapkan oleh syariah.

    BalasHapus
  25. Nama:Adryan Awaludin
    Kelas:x rpl 2

    Hasin belajar:Zakat adalah ibadah wajib bagi semua umat
    Islam dan termasuk ke dalam rukun Islam keempat. Secara bahasa, zakat artinya bersih, suci, berkat dan berkembang. Dari segi istilah, zakat mengacu kepada harta tertentu yang wajib dikeluarkan oleh setiap orang yang beragama Islam dan diberikan kepada yang berhak menerimanya.

    BalasHapus
  26. Nama : muhammad ihksan fauzan
    Kls : x. RPL. 2
    Hasil belajar : Zakat adalah harta tertentu yang dikeluarkan apabila telah mencapai syarat yang diatur sesuai aturan agama, dikeluarkan kepada 8 asnaf penerima zakat. Menurut Bahasa kata “zakat” berarti tumbuh, berkembang, subur atau bertambah.

    Zakat berasal dari bentuk kata "zaka" yang berarti suci, baik, berkah, tumbuh, dan berkembang. Dinamakan zakat, karena di dalamnya terkandung harapan untuk beroleh berkah, membersihkan jiwa dan memupuknya dengan berbagai kebaikan (Fikih Sunnah, Sayyid Sabiq: 5)

    BalasHapus
  27. Nama: Rio dwi Nugroho
    Kelas:X RPL 2.

    Pengertian Zakat menurut bahasa artinya tumbuh, suci atau berkah. Menurut istilah, adalah pemberian harta dengan kadar dan syarat tertentu kepada yang berhak. Sebagai ibadah wajlb, zakat terbagl 2 (dua): zakat mal dan zakat fitrah.

    Infaq adalah segala pemberian yang dikeluarkan dalam rangka mencari ridha Allah swt.lnfaq terbagl 2 (dua):infaq wajlb, misalnya memberi nafkah kepada keluarga, nazar, dan infaq sunnah, misalnya shadaqah, hibah, wasiat.

    Shadaqah adalah memberikan sesuatu, bisa berupa materi atau non materi kepada seseorang yang membutuhkan dengan mengharap ridha Allah swt. Contoh: hibah, wakaf, dan tersenyum.

    BalasHapus
  28. Nama: Haura Amaliyah
    Kelas: X RPL 2
    Hasil Belajar:
    - Islam mewajibkan setiap muslim (balig-mukallaf) yang telah mempunyai kekayaan dalam jumlah tertentu, mengeluarkan sebagian kekayaannya untuk kepentingan pihak lain, menurut ketentuan yang telah ditetapkan Allah SWT. Kewajiban ini disebut "zakat". Sebagai bagian dari rukun Islam, peeintah mengeluarkan zakat merupakan amalan ta'abbudiyah kepada Allah SWT. Akan tetapi zakat tidak hanya berhubungan dengan Allah (hablum minallah), tetapi juga berhubungan dengan manusia (hamblum minannas) secara langsung.

    BalasHapus
  29. NAMA=m.FARID.a
    Kelas=x rpl 2
    Hasil pembelajaran=Zakat fitrah merupakan salah satu dari jenis zakat yang wajib dikeluarkan setiap individu merdeka dan mampu serta sesuai dengan syarat yang telah ditetapkan. Zakat sendiri telah menjadi salah satu bagian dari rukun islam yang ke-4. Oleh karena itu, diwajibkan kita sebagai umat muslim untuk selalu membayar zakat terutama zakat fitrah.

    Pengertian dari zakat fitrah sendiri yaitu zakat yang berguna untuk membersihkan harta dan sebagai pelengkap ibadah puasa kita. Tanpa zakat fitrah, puasa kita tidak terlengkapi.

    BalasHapus
Posting Komentar