JURNAL REFLEKSI DWIMINGGUAN MODUL 3.2

Azmi
0

JURNAL REFLEKSI DWIMINGGUAN MODUL 3.2

Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

Nama CGP

:

Aan Amirudin

Angkatan / Kelas

:

10 / 71

Unit Tugas

:

SMKN 6 Kota Tangerang Selatan

Pengajar Praktik

:

Estikajati

Fasilitator

:

Rossa Vini Anggalia

Model

:

Artikel 4 C

 


Connection

:

Kaitan Materi Dengan Peran Sebagai CGP

Challenge

:

Ide Narasumber Yang Berbeda Dengan Praktik Yang Selama Ini Dijalankan

Concept

:

Konsep Penting Yang Dipelajari

Change

:

Perubahan Yang Akan Dilakukan Setelah Menerima Materi Ini

 

Model

Arti

Pemahaman

Connection

Kaitan Materi

Modul 3.2 membahas tentang Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya, Aset pendidikan dalam satuan pendidikan terdapat 7 aset. Pemahaman yang diajarkan oleh Modul 3.2 ini merubah pola fikir saya dalam mengelola aset di sekitar saya, sebagai CGP Saya harus dapat berfikir basis kekuatan, bukan berfikir basis kekurangan. 7 aset di satuan pendidikan adalah modal utama untuk mendukung dan mengembangkan kualitas pendidikan.

Challenge

Ide dan Perbedaan

Ketika mendapatkan banyak pemahaman baik dari Modul 3.2, Fasilitator, Instruktur dan Ruang Kolaborasi, Sebelunya saya selalu berfikir basis kekurangan dan setelah mempelajari modul ini saya berfikir basis kekuatan dengan 7 aset tersebut. Sebelum mempelajari modul ini saya selalu berfikir bahwa satuan pendidikan tempat saya bertugas ber aset minim, setelah mempelajari modul ini saya berfikir aset di sekitar saya banyak yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Concept

Konsep Penting

Konsep yang saya dapat dari Modul 3.2 ini adalah Bahwa sekolah merupakan Ekosistem yang  terdiri dari Unsur Biotik dan Abiotik, Biotik diantaranya SDM yang ada, sedangkan Abiotik adalah sarana dan Prasarana. Jika kita mau untuk berfikir basis kekuatan maka terdapat 7 Aset di sekolah yaitu Manusia, fisik, sosial, finansial, lingkungan, agama dan kebudayaan, serta politik.

Change

Rencana Perubahan

Setelah mempelajari modul 3.2 Rencana perubahan yang akan saya lakukan adalah melakukan diskusi dengan pimpinan mengenai pemetaan aset Sekolah, berdiskusi dengan rekan sejawat mengenai 7 aset dan mencari aset mana saja yang bersifat dominan guna untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Sekolah tempat saya bertugas.

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)