JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN MODUL 2.3

Azmi
0

 

JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN MODUL 2.3
COACHING UNTUK SUPERVISI AKADEMIK

Nama CGP

:

Aan Amirudin

Angkatan / Kelas

:

10 / 71

Unit Tugas

:

SMKN 6 Kota Tangerang Selatan

Pengajar Praktik

:

Estikajati

Fasilitator

:

Rossa Vini Anggalia

Model

:

Jurnal

 

Setelah mempelajari Modul 2.3 Saya baru tau bahwa

1.      Apa itu Coaching?

Coaching adalah bentuk kemitraan bersama klien untuk memaksimalkan potensi individu menuju kepada performa yang sebenarnya  melalui proses yang menstimulus dan mengeksplorasi pemikiran yang kreatif.

2.      Kompetensi Inti Coaching diantaranya

Kehadiran Penuh, Mendengarkan Aktif dan Mengajukan Pertanyaan Berbobot

3.      Metode Coaching dapat menggunakan Alur TIRTA

Tujuan Umum, Identifikasi Masalah, Rencana Aksi dan Tanggung Jawab

4.      Praktik Coaching

Saya dapat mempraktikan Coaching bersama rekan sejawat yaitu Pak Rino Umboro Hadi dan Pak Abdulloh yang memiliki masalah dalam performa pedagogicnya. Dengan menggunakan metode Alur TIRTA saya dapat menstimulus rekan sejawat (Coachee) menghasilkan ide-ide kreatif dari diri nya sendiri.


5.      Perasaan saya setelah mempelajari Modul 2.3

Pada awalnya saya belum memahami apa itu Coaching dan belum bisa membedakan Coaching, mentoring dan Konseling. Setelah saya mempelajarinya dalam Modul 2.3 saya memahami apa itu Coaching dan bahkan langsung mempraktikannya bersama rekan sejawat di Sekolah.

6.      Tidak lanjut saya di masa yang akan datang

Saya akan mengasah kemampuan saya dalam Coaching, dalam praktiknya nanti saya Siap jadi Coach dan siap jadi Coachee, bahkan bukan hanya sesame rekan guru tetapi dengan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah.



Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)