DEMONSTRASI KONTEKSTUAL MODUL 3.2
PEMIMPIN DALAM PENGELOLA SUMBER DAYA
Nama
CGP |
: |
Aan
Amirudin |
Angkatan
/ Kelas |
: |
10
/ 71 |
Unit
Tugas |
: |
SMKN
6 Kota Tangerang Selatan |
Pengajar
Praktik |
: |
Estikajati |
Fasilitator |
: |
Rossa
Vini Anggalia |
Model
|
: |
Artikel |
1.
Kira-kira apakah visi dari sekolah tempat guru dalam video
tersebut mengabdi?
Terciptanya proses pembelajaran
yang nyaman, bahagia dan berpihak kepada siswa dengan potensi dan aset yang
dimiliki
2.
Apakah prakarsa perubahan yang akan dilakukan oleh guru dalam
tayangan video?
Menciptakan proses pembelajaran
yang yang nyaman dan menyenangkan
3.
Apakah Pertanyaan Utama dari kegiatan yang dilakukan oleh guru
dalam tayangan video tersebut?
Bagaimana menciptakan
pembelajaran kelas yang nyaman dan menyenangkan?
4. Kegiatan/tindakan
apa yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video yang menggambarkan tahapan
BAGJA
a.
Buat
Pertanyaan Utama.!
Pertanyaan |
Jawaban /
Eksekusi Pelaksanaan |
Bagaimana menciptakan
pembelajaran yang nyaman dan menyenangkan sehingga belajar menjadi semangat? |
Koordinasi dengan Kepala
Sekolah, Kurikulum dan Rekan Sejawat tentang Prakarsa perubahan yang akan
dicapai Guru memberikan motivasi kepada
siswa tentang semangat berlajar Siswa bersama guru sama-sama
mengidentifikasi hal apa saja yang dapat membuat semangat belajar |
b.
Ambil
Pelajaran.!
Pertanyaan |
Jawaban /
Eksekusi Pelaksanaan |
Kegiatan apa saja yang dapat menumbuhkan semangat siswa dalam
pembelajaran? Bagaimanana mengidentifikasi dan menemukan kelas yang
diinginkan siswa. |
Mengidentifikasi hal-hal yang disukai oleh siswa Memberikan kesempatan kepada siswa untuk memberikan pendapat
atau eksplorasi diri tentang kelas yang mereka impikan Siswa diperbolehkan untuk melakukan studi kasus ke kelas lain
tentang iklim kelas yang menyenangkan Memberikan kesempatan kepada siswa untuk berdiskusi tentang
kelas yang mereka impikan sehingga meningkatnya semangat belajar |
c.
Gali Mimpi.!
Pertanyaan |
Jawaban /
Eksekusi Pelaksanaan |
Apakah iklim kelas yang
menyenangkan dapat menumbuhkan semangat belajar? Apa saja kegiatan kelas yang
dapat dilakukan untuk menciptakan kondisi nyaman dan menyenangkan agar tumbuh
semangat belajar? |
Guru selalu menyiapkan media
pembelajaran termasuk alat dan bahan untuk setiap pembelajaran Guru masuk kelas tepat waktu
sehingga selalu dirindukan oleh siswa Guru menjadikan iklim kelas
menjadi hidup sehingga pembelajaran menjadi nyaman dan menyenangkan Guru mengikuti kodrat alam dan
zaman sehingga keberpihakan kepada siswa semakin dominan Guru memfasilitasi siswa untuk
kerja kelompok dan mengeksplor pengetahuannya Siswa diberi kesempatan untuk
menyajikan hasil karya nya |
d.
Jabarkana
Rencana.!
Pertanyaan |
Jawaban / Eksekusi Pelaksanaan |
Apa saja hal-hal yang perlu
dilakukan agar pembelajaran kelas menjadi nyaman dan menyenangkan? Apa saja hal-hal yang
diperlukan untuk terciptanya lingkungan kelas menjadi nyaman dan
menyenangkan? |
Siswa selalu etrlibat dalam
iklim pembelajaran kelas karena merupakan objek pembelajaran Guru bersama siswa selalu
membersilhkan kelas sehingga menjadi bersih dan nyaman Adanya pembagian tugas yang
menyeluruh dalam kelas |
e.
Atur
Ekseskusi.!
Pertanyaan |
Jawaban /
Eksekusi Pelaksanaan |
Siapa saja yang harus
bertanggung jawab untuk menciptakan lingkungan kelas yang nyaman dan
menyenagkan? Kapan pelaksanaan menciptakan
kelas yang nyaman dan menyenangkan? Bagaimana caranya agar hal-hal
yang direncanakan dapat terwujud? |
Guru dan siswa, guru
melakasanakan tupoksinya dengan baik sesuai dengan keyakinan kelas, dan siswa
mengikuti proses pembelajaran dengan penuh keyakinan dan semangat tinggi. Menciptakan iklim pembelajaran
kelas yang nyaman bisa dilaksanakan ketika aktifnya tahun ajaran baru (TA.
2024/2025 dimulai dari semester ganjil. Siswa selalu mengikuti
kegiatan pembelajaran dengan baik dan mengerjakan kewajiban (tugas) dengan
tepat waktu Guru dan siswa membuat lay out
tempat duduk dan membuat bunga-bunga dari bahan seadanya yang dimanfaatkan
daur ulang agar nyaman dan sesuai kesepakatan bersama dan sesuai dengan
keyakinan kelas Adanya penataan fasilitas
dengan baik, seperti rak spatu, lemari buku, meja guru, infocus dan lain-lain |
5.
Apa peran pemimpin yang tergambar dalam tayangan video?
Guru sebagai pemimpin pelajaran
yang dapat memberikan pelayanan terbaik di kelas nya dengan menciptakan iklim
kelas yang nyaman dan menyenangkan.
Guru menggunakan aset yang ada
(pola berfikir orientasi kekuatan, bukan kekurangan) sehingga proses
pembelajaran menjadi epektif, nyaman dan menyenangkan.
Proses pembelajaran yang
menggambarkan berpihak kepada siswa sehingga siswa terlibat aktif dalam
pembelajaran.
6. Apa saja modal
utama yang dimanfaatkan oleh pemimpin pembelajaran dalan tayangan video? lalu
bagaimana pemanfataannya?
Nama Aset |
Bentuk |
Fungsi |
Manusia |
Guru
dan Siswa |
Pemimpin
pelajaran dan Objek pembelajaran |
Fisik |
Ruang
kelas |
Tempat
Belajar |
Sosial |
Kepala
Sekolah, Kurikulum dan Rekan Sejawat |
Koordinasi
dan siswa diberikan kesempatan untuk studi kasus ke kelas lain |
Finansial |
Penyediaan
fasilitas untuk kenyamanan |
Penyediaan
buku, rak spatu dan fasilitas lain untuk kenyamanan pembelajaran |
Lingkungan |
Bunga-bunga
dalam lay out kelas |
Untuk
pemandangan dan kenyamanan kelas |
Agama /
Budaya |
Diskusi
Kelas dalam pembelajaran dan penanaman sikap saling menghargai pendapat |
Gotong
royong dan saling mengeluarkan pendapat sehingga tercipta kolaborasi |
Politik |
Koordinasi
dengan Kepala Sekolah |
Kepala
sekolah menyambut baik dan mendukung terciptanya kelas yang nyaman dan
menyenangkan |
Aan
Amirudin
18 Agustus 2024