DEMONSTRASI KONTEKSTUAL MODUL 3.2

Azmi
0

 DEMONSTRASI KONTEKSTUAL MODUL 3.2

PEMIMPIN DALAM PENGELOLA SUMBER DAYA

Nama CGP

:

Aan Amirudin

Angkatan / Kelas

:

10 / 71

Unit Tugas

:

SMKN 6 Kota Tangerang Selatan

Pengajar Praktik

:

Estikajati

Fasilitator

:

Rossa Vini Anggalia

Model

:

Artikel



1.      Kira-kira apakah visi dari sekolah tempat guru dalam video tersebut mengabdi?

Terciptanya proses pembelajaran yang nyaman, bahagia dan berpihak kepada siswa dengan potensi dan aset yang dimiliki

2.      Apakah prakarsa perubahan yang akan dilakukan oleh guru dalam tayangan video?

Menciptakan proses pembelajaran yang yang nyaman dan menyenangkan

3.      Apakah Pertanyaan Utama dari kegiatan yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video tersebut?

Bagaimana menciptakan pembelajaran kelas yang nyaman dan menyenangkan?

 

 

 

4.      Kegiatan/tindakan apa yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video yang menggambarkan tahapan BAGJA

a.      Buat Pertanyaan Utama.!

Pertanyaan

Jawaban / Eksekusi Pelaksanaan

Bagaimana menciptakan pembelajaran yang nyaman dan menyenangkan sehingga belajar menjadi semangat?

Koordinasi dengan Kepala Sekolah, Kurikulum dan Rekan Sejawat tentang Prakarsa perubahan yang akan dicapai

Guru memberikan motivasi kepada siswa tentang semangat berlajar

Siswa bersama guru sama-sama mengidentifikasi hal apa saja yang dapat membuat semangat belajar

 

b.     Ambil Pelajaran.!

Pertanyaan

Jawaban / Eksekusi Pelaksanaan

Kegiatan apa saja yang dapat menumbuhkan semangat siswa dalam pembelajaran?

Bagaimanana mengidentifikasi dan menemukan kelas yang diinginkan siswa.

Mengidentifikasi hal-hal yang disukai oleh siswa

Memberikan kesempatan kepada siswa untuk memberikan pendapat atau eksplorasi diri tentang kelas yang mereka impikan

Siswa diperbolehkan untuk melakukan studi kasus ke kelas lain tentang iklim kelas yang menyenangkan

Memberikan kesempatan kepada siswa untuk berdiskusi tentang kelas yang mereka impikan sehingga meningkatnya semangat belajar

 

c.      Gali Mimpi.!

Pertanyaan

Jawaban / Eksekusi Pelaksanaan

Apakah iklim kelas yang menyenangkan dapat menumbuhkan semangat belajar?

Apa saja kegiatan kelas yang dapat dilakukan untuk menciptakan kondisi nyaman dan menyenangkan agar tumbuh semangat belajar?

Guru selalu menyiapkan media pembelajaran termasuk alat dan bahan untuk setiap pembelajaran

Guru masuk kelas tepat waktu sehingga selalu dirindukan oleh siswa

Guru menjadikan iklim kelas menjadi hidup sehingga pembelajaran menjadi nyaman dan menyenangkan

Guru mengikuti kodrat alam dan zaman sehingga keberpihakan kepada siswa semakin dominan

Guru memfasilitasi siswa untuk kerja kelompok dan mengeksplor pengetahuannya

Siswa diberi kesempatan untuk menyajikan hasil karya nya

 

d.     Jabarkana Rencana.!

Pertanyaan

Jawaban / Eksekusi Pelaksanaan

Apa saja hal-hal yang perlu dilakukan agar pembelajaran kelas menjadi nyaman dan menyenangkan?

Apa saja hal-hal yang diperlukan untuk terciptanya lingkungan kelas menjadi nyaman dan menyenangkan?

Siswa selalu etrlibat dalam iklim pembelajaran kelas karena merupakan objek pembelajaran

Guru bersama siswa selalu membersilhkan kelas sehingga menjadi bersih dan nyaman

Adanya pembagian tugas yang menyeluruh dalam kelas

 

e.      Atur Ekseskusi.!

Pertanyaan

Jawaban / Eksekusi Pelaksanaan

Siapa saja yang harus bertanggung jawab untuk menciptakan lingkungan kelas yang nyaman dan menyenagkan?

Kapan pelaksanaan menciptakan kelas yang nyaman dan menyenangkan?

Bagaimana caranya agar hal-hal yang direncanakan dapat terwujud?

Guru dan siswa, guru melakasanakan tupoksinya dengan baik sesuai dengan keyakinan kelas, dan siswa mengikuti proses pembelajaran dengan penuh keyakinan dan semangat tinggi.

Menciptakan iklim pembelajaran kelas yang nyaman bisa dilaksanakan ketika aktifnya tahun ajaran baru (TA. 2024/2025 dimulai dari semester ganjil.

Siswa selalu mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik dan mengerjakan kewajiban (tugas) dengan tepat waktu

Guru dan siswa membuat lay out tempat duduk dan membuat bunga-bunga dari bahan seadanya yang dimanfaatkan daur ulang agar nyaman dan sesuai kesepakatan bersama dan sesuai dengan keyakinan kelas

Adanya penataan fasilitas dengan baik, seperti rak spatu, lemari buku, meja guru, infocus dan lain-lain

 

5.      Apa peran pemimpin yang tergambar dalam tayangan video?

Guru sebagai pemimpin pelajaran yang dapat memberikan pelayanan terbaik di kelas nya dengan menciptakan iklim kelas yang nyaman dan menyenangkan.

Guru menggunakan aset yang ada (pola berfikir orientasi kekuatan, bukan kekurangan) sehingga proses pembelajaran menjadi epektif, nyaman dan menyenangkan.

Proses pembelajaran yang menggambarkan berpihak kepada siswa sehingga siswa terlibat aktif dalam pembelajaran.

6.      Apa saja modal utama yang dimanfaatkan oleh pemimpin pembelajaran dalan tayangan video? lalu bagaimana pemanfataannya?

Nama Aset

Bentuk

Fungsi

Manusia

Guru dan Siswa

Pemimpin pelajaran dan Objek pembelajaran

Fisik

Ruang kelas

Tempat Belajar

Sosial

Kepala Sekolah, Kurikulum dan Rekan Sejawat

Koordinasi dan siswa diberikan kesempatan untuk studi kasus ke kelas lain

Finansial

Penyediaan fasilitas untuk kenyamanan

Penyediaan buku, rak spatu dan fasilitas lain untuk kenyamanan pembelajaran

Lingkungan

Bunga-bunga dalam lay out kelas

Untuk pemandangan dan kenyamanan kelas

Agama / Budaya

Diskusi Kelas dalam pembelajaran dan penanaman sikap saling  menghargai pendapat

Gotong royong dan saling mengeluarkan pendapat sehingga tercipta kolaborasi

Politik

Koordinasi dengan Kepala Sekolah

Kepala sekolah menyambut baik dan mendukung terciptanya kelas yang nyaman dan menyenangkan

 

Aan Amirudin
18 Agustus 2024


Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)