Koneksi Antar Materi - Modul 1.3 Visi Guru Penggerak
Nama CGP : Aan Amirudin
Angkatan : 10 / 71
Unit Tugas : SMKN 6
Kota Tangerang Selatan
Nama Pengajar Praktik : Estikajati
Nama Fasilitator : Rossa Vini
Anggalia
Visi
pada Demonstrasi Kontekstual
Terwujudnya
Peserta Didik yang Cerdas dan Berkarakter yang Berlandaskan Profil Pelajar
Pancasila
Prakarsa Perubahan
Meningkatkan
Prestasi Belajar Siswa Melalui Merdeka Belajar
Pertanyaan
Pemantik 1
Apa yang Bapak/Ibu pahami mengenai kaitan peran
pendidik dalam mewujudkan filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan Profil
Pelajar Pancasila pada murid-muridnya dengan paradigma inkuiri apresiatif (IA)
di sekolah Bapak/Ibu?
Seorang
pendidik harus menjadi suri tauladan bagi anak didiknya sebagaimana yang dijelaskan
dalam Filosofi Kihadjar Dewantara yaitu mengkuti Kodrat Alam dan Zaman, dalam
mengikuti kodrat alam dan zaman seorang
guru bagaikan petani yang merawat tanaman mulai dari penanaman hingga
tumbuh subur. Maka dalam perjalanannya untuk mewujudkan filosofi Kihadjar
Dewantara seorang guru harus memahami dimensi Profil Pelajar Pancasila, Cara
untuk mencapai landasan Profil Pelajar Pancasila ini maka seorang guru harus memiliki
Visi perubahan, Perubahan yang dimaksud adalah perubahan pola fikir bahwa
mengajar harus berpihak kepada murid, dalam pelaksanannya maka menggunakan
pendekatan Inkuiri Apresiatif, yaitu pendekatan manajemen perubahan yang
kolaboratif berbasis kekuatan.
Di SMKN 6 Kota
Tangerang Selatan pada tingkat X dan XI sudah menggunakan kurikulum merdeka, dimana
hal-hal baru masih dipelajari sambil melaksanakan tugas mengajar, Paradigma
Inkuiri Apresiatif yang saya terapkan melalui Prakarsa Perbubahan adalah Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Merdeka
Belajar, Prakarsa
perubahan ini sangat relevan dengan situasi dan kondisi saat ini, yang bermuara
pada Perwujudan profil pelajar pancasila, mendidik putra-putri terbaik bangsa sesuai
bakat dan minatnya sebagai aset di masa depan, Mewujudkan nilai dan peran guru penggerak, yaitu mempimpin
pembelajaran dengan berpihak pada murid
sesuai dengan filosofi pemikiran Kihadjar Dewantara.
Pertanyaan
Pemantik 1
Revisi dan rumuskan dengan
penuh keyakinan, visi yang telah Bapak/Ibu buat berdasarkan jawaban pertanyaan
diatas, ke dalam sebuah VISI yang membuat
Bapak/Ibu bersemangat ketika membacanya, dan menggerakkan hati setiap orang
yang membacanya!
Visi
pada Demonstrasi Kontekstual
“Terwujudnya
Peserta Didik yang Cerdas dan Berkarakter yang Berlandaskan Profil Pelajar
Pancasila”
Hasil
Revisi berdasarkan Pendekatan Inkuiri Apresiatif
“Terwujudnya Peserta
Didik yang Berwawasan Global Berlandaskan Profil Pelajar Pancasila sebagai Aset
Bangsa di Masa Depan”
Berdasarkan hasil
revisi pada visi tersebut maka tujuan saya adalah dapat terwujudnya lulusan
yang memiliki wawasan global, mampu bersaing dan dapat membela Tanah Air nya di
masa depan.