Koneksi Antar Materi Modul 1.3

Azmi
0

 


Koneksi Antar Materi - Modul 1.3 Visi Guru Penggerak

Nama CGP                   : Aan Amirudin
Angkatan                      : 10 / 71
Unit Tugas                    : SMKN 6 Kota Tangerang Selatan
Nama Pengajar Praktik : Estikajati
Nama Fasilitator            : Rossa Vini Anggalia

Visi pada Demonstrasi Kontekstual
Terwujudnya Peserta Didik yang Cerdas dan Berkarakter yang Berlandaskan Profil Pelajar Pancasila

Prakarsa Perubahan
Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Merdeka Belajar

Pertanyaan Pemantik 1

Apa yang Bapak/Ibu pahami mengenai kaitan peran pendidik dalam mewujudkan filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan Profil Pelajar Pancasila pada murid-muridnya dengan paradigma inkuiri apresiatif (IA) di sekolah Bapak/Ibu?

Seorang pendidik harus menjadi suri tauladan bagi anak didiknya sebagaimana yang dijelaskan dalam Filosofi Kihadjar Dewantara yaitu mengkuti Kodrat Alam dan Zaman, dalam mengikuti kodrat alam dan zaman seorang  guru bagaikan petani yang merawat tanaman mulai dari penanaman hingga tumbuh subur. Maka dalam perjalanannya untuk mewujudkan filosofi Kihadjar Dewantara seorang guru harus memahami dimensi Profil Pelajar Pancasila, Cara untuk mencapai landasan Profil Pelajar Pancasila ini maka seorang guru harus memiliki Visi perubahan, Perubahan yang dimaksud adalah perubahan pola fikir bahwa mengajar harus berpihak kepada murid, dalam pelaksanannya maka menggunakan pendekatan Inkuiri Apresiatif, yaitu pendekatan manajemen perubahan yang kolaboratif  berbasis kekuatan.

Di SMKN 6 Kota Tangerang Selatan pada tingkat X dan XI sudah menggunakan kurikulum merdeka, dimana hal-hal baru masih dipelajari sambil melaksanakan tugas mengajar, Paradigma Inkuiri Apresiatif yang saya terapkan melalui Prakarsa Perbubahan adalah Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Merdeka Belajar, Prakarsa perubahan ini sangat relevan dengan situasi dan kondisi saat ini, yang bermuara pada Perwujudan profil pelajar pancasila, mendidik putra-putri terbaik bangsa sesuai bakat dan minatnya sebagai aset di masa depan, Mewujudkan nilai dan peran guru penggerak, yaitu mempimpin pembelajaran dengan berpihak pada murid sesuai dengan filosofi pemikiran Kihadjar Dewantara.

Pertanyaan Pemantik 1

Revisi dan rumuskan dengan penuh keyakinan, visi yang telah Bapak/Ibu buat berdasarkan jawaban pertanyaan diatas, ke dalam sebuah VISI yang membuat Bapak/Ibu bersemangat ketika membacanya, dan menggerakkan hati setiap orang yang membacanya!

Visi pada Demonstrasi Kontekstual
“Terwujudnya Peserta Didik yang Cerdas dan Berkarakter yang Berlandaskan Profil Pelajar Pancasila”

Hasil Revisi berdasarkan Pendekatan Inkuiri Apresiatif

“Terwujudnya Peserta Didik yang Berwawasan Global Berlandaskan Profil Pelajar Pancasila sebagai Aset Bangsa di Masa Depan”

Berdasarkan hasil revisi pada visi tersebut maka tujuan saya adalah dapat terwujudnya lulusan yang memiliki wawasan global, mampu bersaing dan dapat membela Tanah Air nya di masa depan.

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)