JURNAL
REFLEKSI DWI MINGGUAN MODUL 2.2
5 KSE
Nama CGP |
: |
Aan Amirudin |
Angkatan / Kelas |
: |
10 / 71 |
Unit Tugas |
: |
SMKN 6 Kota Tangerang Selatan |
Pengajar Praktik |
: |
Estikajati |
Fasilitator |
: |
Rossa Vini Anggalia |
Model |
: |
4 F |
Fact
(Peristiwa)
Dalam
modul 2.2 saya mempelajari Pembelajaran Sosial dan Emosional. mulai dari diri, Saya
disambut dengan materi dan video dalam LMS dan diberikan beberapa pertanyaan
tentang pengalaman terkait dengan tugas Saya sebagai guru dalam pengelolaan
sosial dan emosional. Bagaimana Saya menghadapi situasi tersebut, bagaimana Saya
bisa mengatasi masalah emosi dan sosial, serta apa yang dapat Saya pelajari dari
materi tersebut. Kemudian Saya mulai mendalami eksplorasi konsep yang berisi
materi-materi tentang Kompetensi Sosial Emosional, Pembelajaran serta
Implementasinya di sekolah. Dilanjutkan dengan pengerjaan tugas yang berisi
refleksi dari tiap-tiap halaman yang telah Saya pelajari. Tujuan dari materi
Pembelajaran Sosial Emosional adalah memberikan pemahaman untuk mengelola emosi
(kesadaran diri); menetapkan dan mencapai tujuan positif (pengelolaan diri);
merasakan dan menunjukan empati kepada orang lain (kesadaran sosial); dan
membuat keputusan yang bertanggung jawab.
Perasaan
(Feeling)
Saya
sangat senang mendapat pengetahuan baru yang berpengaruh terhadap penampilan
saya menjalani profesi sebagai guru. Modul 2.2 saya mendapatkan hal yang besar
terkait pengetahuan baru yang memacu saya lebih bersemangat dalam
mengimplementasikan semua yang saya dapatkan. Saya juga melaksanakan Forum
diskusi bersama fasilitator, Presentasi Tugas dan lain-lain, selama sesi ruang
kolaborasi membuat saya semakin paham mengenai penguasaan emosi dari
pembelajaran sosial dan emosional ini.
Pembelajaran
(Findings)
Modul
2.2 tentang pembelajaran sosial emosional banyak pengetahuan mengenai emosi
diri sebelum melakukan setiap tindakan, agar tindakan yang saya lakukan tidak
berdampak buruk bagi diri sendiri dan orang lain. Selain mengenali emosi diri,
kita juga dituntut untuk mampu mengelola diri dan emosi tersebut agar kita
kembali ke keadaan semula yaitu dalam keadaan yang bahagia. Selain itu, masih
banyak yang saya dapatkan di modul ini seperti kesadaran sosial, keterampilan
berelasi, dan pengambilan keputusan yang bertanggung jawab. Semua materi
tersebut bertujuan untuk ekosistem pendidikan yang baik di sekolah.
5 Kompetensi Sosial
Emosional :
Definisi |
Penerapan |
Kesadaran Diri: kemampuan untuk memahami perasaan, emosi, dan nilai-nilai diri sendiri,
dan bagaimana pengaruhnya pada perilaku diri dalam berbagai situasi dan
konteks kehidupan. |
|
Manajemen Diri: kemampuan untuk
mengelola emosi, pikiran, dan perilaku diri secara efektif dalam berbagai
situasi dan untuk mencapai tujuan dan aspirasi |
|
Kesadaran
Sosial: kemampuan untuk memahami sudut pandang dan dapat berempati dengan orang
lain termasuk mereka yang berasal dari latar belakang, budaya, dan konteks
yang berbeda-beda |
|
Keterampilan
Berelasi: kemampuan untuk membangun dan mempertahankan hubungan-hubungan yang sehat
dan suportif |
|
Pengambilan Keputusan
yang Bertanggung Jawab: kemampuan untuk mengambil pilihan-pilihan membangun yang berdasar atas
kepedulian, kapasitas dalam mempertimbangkan standar-standar etis dan rasa
aman, dan untuk mengevaluasi manfaat dan konsekuensi dari bermacam-macam
tindakan dan perilaku untuk kesejahteraan psikologis (well-being) diri
sendiri, masyarakat, dan kelompok |
|
Penerapan
(Future)
Dari
pendalaman materi KSE pada modul 2.2 ini saya akan menerapkannya dalam lingkup
kelas yang saya ajar, seperti melakukan Bernafas dengan kesadaran penuh sebelum
memulai pembelajaran dengan teknik STOP di awal pembelajarn dan menuangkan 5
KSE dalam RPP / Modul Ajar.