JURNAL
REFLEKSI DWIMINGGUAN MODUL 3.1
PENGAMBILAN
KEPUTUSAN BERBASIS NILAI-NILAI KEBAJIKAN SEBAGAI PEMIMPIN
Nama CGP |
: |
Aan Amirudin |
Angkatan / Kelas |
: |
10 / 71 |
Unit Tugas |
: |
SMKN 6 Kota Tangerang Selatan |
Pengajar Praktik |
: |
Estikajati |
Fasilitator |
: |
Rossa Vini Anggalia |
Model |
: |
Artikel 4 F |
Fact
(Peristiwa)
Mempelajari
konsep tentang Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan Sebagai
Pemimpin mulai dari diri, Eksplorasi Konsep, Ruang kolaborasi, Demonstrasi
Kontekstual, Ruang Kolaborasi, Elaborasi Pemahaman, Koneksi antar Materi dan
Aksi Nyata.
Mulai dari Diri
Pelajaran
yang dapat diterima adalah pengamatan tentang serorang pemimpin mengambil suatu
keputusan yang dapat Dipertanggung Jawabkan.
Eksplorasi Konsep
Saya
diajarkan bahwa menjadi seorang pemimpin dalam mengambil keputusan harus
berdasarkan nilai-nilai kebajikan terlebih ketika dihadapkan dengan bujukan
moral dan dilema etika.
Ruang Kolaborasi
Dalam
ruang kolaborasi kami dipecah ke dalam beberapa kelompok untuk menerapkan
keterampilan pengambilan keputusan melalui kasus-kasus yang ada dalam LMS
dengan dasar 3 Prinsip, 4 Paradigma, dan 9 Langkah pengambilan keputusan.
Demonstrasi Kontekstual
Dalam
tahap ini saya mencoba untuk mewawancara pimpinan dan pemangku kebijakan
lainnya dalam mengambil keputusan dengan pertanyaan yang sudah disediakan dalam
LMS. Saya mewawancara Kepala Sekolah dan Wakil bagian Sarpras.
Feeling
(Perasaan)
Saya
sangat senang dan menyukai materi ini dikarenakan ini adalah bekal untuk saya
di hari esok apabila saya dijadikan sebagai pemimpin, bahwa mengambil keputusan
itu ada pola fikirnya, ada prinsipnya dan ada langkah-langkahnya.
Findings
(Pembelajaran)
Sebagai
seorang pemimpin harus mampu mengambil keputusan tetapi dapat dipertanggung
jawabkan, peengambilan keputusan yang dapat dipertanggung jawabkan harus
melalui beberapa cara diantaranya 3 prinsip, 4 paradigma dan 9 langkah. ada
perbedaan antara bujukan moral dengan dilema etika, dan Pembelahjaran ini baru
saya dapat dalam pelatihan guru penggerak.
Future
(Penerapan)
Penerapan yang dapat saya lakukan sebagai seorang guru adalah bagaimana memperlakukan siswa dalam kelas, bagaimana cara nya memberikan konsekwensi dan ketika rapat pleno kenaikan kelas atau bahkan kelulusan, bahwasanya pengambilan keputusan yang saya ambil akan dapat saya pertanggung jawabkan.Selain menegaplikasikannya saya juga berusaha untuk berbagi pemahaman dan praktik baik untuk teman sejawat agar pengethauan ini juga dapat dikembangkan dan dialaksanakan oleh teman sejawat.